Capaian Pembelajaran Prodi S2 Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar

Capaian Pembelajaran/Learning Outcomes

Sikap:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  5. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

 

Pengetahuan:

  1. Memiliki pengetahuan penyelenggaraan Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PJSD) dengan penguasaan IPTEKS pendidikan, olahraga, dan kesehatan;
  2. Memiliki kreasi dan improvisasi yang inovatif dan terampil dalam pengembangan strategi pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PJSD);
  3. Memiliki kemampuan memberikan pendidikan dan pelatihan Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PJSD) menggunakan pendekatan IPTEKS dan strategi inovatif yang memiliki moral dan karakter serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan nasionalisme;
  4. Memiliki kemampuan memberikan bimbingan konseling pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PJSD);
  5. Memiliki kemampuan menganalisa, berpikir logis dan mengembangkan pengetahuan serta pengajaran pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PJSD);
  6. Memiliki kemampuan kepekaan terhadap permasalahan bidang Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PJSD);
  7. Menguasai pengetahuan tentang peserta didik, teori dan metodologi pembelajaran, prinsip, prosedur, dan pemanfaatan evaluasi
  8. Menguasai metode ilmiah dan prinsip dasar piranti lunak untuk menganalisis dan menyusun strategi penyelesaian masalah pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PJSD).

 

Keterampilan Umum:

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahlian dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian;
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  6. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
  7. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Keterampilan Khusus:

  1. Mampu mengembangkan pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PJSD) sesuai dengan karakteristik peserta didik, dan karakteristik materi melalui pendekatan saintifik;
  2. Mampu mengembangkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu, sehingga peserta didik memiliki keterampilan proses sains, berpikir kritis, kreatif dalam menyelesaikan masalah Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar;
  3. Mampu mengembangkan dan melakukan analisis terhadap berbagai alternatif pemecahan masalah Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar sebagai landasan pengambilan keputusan;
  4. Mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar;
  5. Mampu mengembangkan dan terampil menerapkan konsep-konsep dalam Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar, dan mengomunikasikan pada peserta didik;
  6. Mampu mengembangkan semangat dan minat kewirausahaan dalam bidang Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar;
  7. Mampu mengembangkan jaringan kerjasama dengan pihak lain dalam memberikan pendidikan pada guru Pendidikan Jasmani dan pelatihan gerak pada tingkat Sekolah Dasar untuk anak berkebutuhan khusus;
  8. Mampu mengembangkan kemampuan dalam pengelolaan event organizer;
  9. Mampu berkomunikasi dengan bahasa internasional baik secara lisan tulis, gambar dan media lainnya.